TUGAS 1 (Etika Bisnis Dalam Berbisnis)
Apabila moral
merupakan sesuatu yang mendorong orang untuk melakukan kebaikan, etika bertindak sebagai rambu - rambu
(sign) yang merupakan kesepakatan secara rela dari semua anggota suatu
kelompok. Dunia bisnis yang bermoral akan mampu mengembangkan etika (
patokan/rambu-rambu ) yang menjamin kegiatan bisnis yang seimbang, selaras, dan
serasi. Etika sebagai rambu-rambu dalam suatu kelompok masyarakat akan dapat
membimbing dan mengingatkan anggotanya kepada suatu tindakan yang terpuji (good conduct) yang harus selalu dipatuhi dan dilaksanakan.
Etika di dalam bisnis sudah tentu harus disepakati oleh orang-orang yang berada
dalam kelompok bisnis serta kelompok yang terkait lainnya.
Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan
individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan
dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam
membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang
saham, masyarakat.
Para pelaku bisnis di sekitar kita tidak
semua menggunakan dan mengerti tentang etika dalam menjalankan bisnis. Masih
banyak para pelaku bisnis melakukan pelanggaran etika dalam menjalankan
kegiatan usahanya. Semua itu disebabkan oleh beberapa factor, yaitu:
1. Kebutuhan individu.
2. Tidak ada pedoman.
3. Perilaku dan kebiasaan individu yang terakumulasi
dan tak dikoreksi.
4. Lingkungan yang tidak etis.
5. Perilaku dari komunitas.
Sasaran dan Lingkup Etika Bisnis
1. Etika bisnis bertujuan untuk menghimbau
pelakubisnis agar menjalankan bisnisnya secara
baik dan etis.
2. Untuk menyadarkan masyarakat khususnya konsumen, buruh atau karyawan dan
masyarakat luas akan hak dan
kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh
praktekbisnis siapapun
juga.
3. Etika bisnis juga berbicara mengenai sistem
ekonomi yang sangat menentukan etis
tidaknya suatu praktek bisnis.
Ketika ada pelanggaran etika daam menjalankan kegiatan bisnis maka pelaku
harus mengatasinya agar pelanggaran etika tidak terjadi lagi yaitu dengan cara
sebagai berikut :
1. Pengembangan
tanggungjawab sosial.
2. Menciptakan
persaingan yang sehat.
3. Menumbuhkan
sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat dan lemah.
4. Konsekuen
dan konsisten dengan aturan main yang telah disepakati.
5. Menumbuhkankembangkan
kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang telah
disepakati.
6. Perlu
adanya sebagaian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hukum positif yang
berupa peraturan perundang – undangan.
Prinsip-prinsip Etika Bisnis
Terdapat lima prinsip dalam etika bisnis yang terdiri dari sebagai berikut:
Terdapat lima prinsip dalam etika bisnis yang terdiri dari sebagai berikut:
1. Prinsip Otonomi
Otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak
Otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan dan bertindak
berdasarkan
kesadaran sendiri tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan serta
bertanggung
jawab atas keputusan dan tindakannya tersebut.
2. Prinsip Kejujuran
Prinsip kejujuran meliputi kejujuran dalam memenuhi syarat-syarat perjanjian, adanya
Prinsip kejujuran meliputi kejujuran dalam memenuhi syarat-syarat perjanjian, adanya
kesesuaian
antara harga barang dengan mutu dan kualitas barang atau jasa yang
ditawarkan,
selain itu dalam menjalin hubungan kerja dengan pihak intern maupun ekstern
perusahaan prinsipkejujuran
juga diperlukan.
3. Prinsip Keadilan
Prinsip keadilan menuntut agar setiap orang diperlakukan sesuai dengan aturan yang adil
Prinsip keadilan menuntut agar setiap orang diperlakukan sesuai dengan aturan yang adil
dan sesuai
dengan kriteria yang rasional objektif dan dapat dipertanggung jawabkan
4. Prinsip Saling Menguntungkan
Prinsip ini menginginkan agar bisnis yang dijalankan dapat menguntungkan semua pihak.
Prinsip ini menginginkan agar bisnis yang dijalankan dapat menguntungkan semua pihak.
5. Prinsip Integritas Moral
Prinsip ini adalah prinsip yang terapkan oleh pelakubisnis terhadap dirinya sendiri atau
Prinsip ini adalah prinsip yang terapkan oleh pelakubisnis terhadap dirinya sendiri atau
perusahaannya
agar ia menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baiknya
atau nama
baik
perusahaannya
Nama : Muhammad Regan Nawari
NPM :
16209892
Kelas : 4EA17
MK Softskill :
Etika Bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar